Ketua PWI Kritik Pola Kerja Setwan DPRD Kota Depok

Depok – Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah mengkritisi pola kerja Kepala Sekertarian DPRD (Setwan) dibawah pimpinan Kania Parwanti. Rusdy mengatakan, salah satu yang paling menjadi sorotan adalah terkait kebijakan Kania yang dianggap ‘ngelantur’ dalam menempatkan kebijakan.

“Meski memiliki hak imunitas dalam mengatur sekretariat DPRD, tapi tidak sepantasnya dia bekerja dengan tema like or dislike atau unsur suka-tidak suka,” kata Rusdy kepada wartawan Kemarin (5/12/2022).

Bacaan Lainnya

Pernyataan itu ditegaskan Rusdy bukan tanpa dasar. Rusdy menilai banyak kesalahan fatal yang dilakukan Kania sebagai Sekretaris Dewan atau Sekwan.

“Salah satu contoh yang paling nyata adalah dengan menonaktifkan fungsi Humas DPRD dan dialihkan kepada Bagian Keuangan. Itu yang paling mendasar,” tegasnya.

Meski tidak ingin menduga, namun Rusdy mengatakan kebijakan seperti itu memungkinkan adanya peluang memainkan anggaran, khususnya tentang publikasi kinerja Anggota DPRD.

“Bisa saja peluang itu sengaja dibuat. Tapi tidak mungkin saya mau bicara tanpa dasar,” paparnya.

Rusdy juga menilai Sekwan Kota Depok membuat ‘blok khusus’ pada bagian Humas dengan menempatkan orang yang tidak sesuai kepada tempatnya. Salah satunya adalah dengan menonaktifkan peran Kasubbag Humas DPRD dan diambil alih anggotanya.

“Peran Anjar Herwanto sebagai Kasubbag Humas DPRD Depok seolah diambil alih oleh anggotanya bernama Fajar Sirait, itu pasti peran pimpinan. Saya berharap sekwan lebih subjektif dalam melihat segala persoalan,” ujar Rusdy.

Pria berdarah Aceh tersebut juga menerangkan betapa minimnya peran Kania Parwanti sebagai Sekwan Kota Depok. Salah satunya soal mencuatnya interpelasi Kartu Depok Sejahtera (KDS).

Beberapa waktu lalu, Sekretaris DPRD Kota Depok, Kania Parwanti sempat membuat pernyataan yang menyebut penanganan media saat itu butuh perbaikan, sehingga Bagian Keuangan dibawah kepemimpinan Saifuddin Lubis dibebankan menangani urusan media.

Sekwan bahkan masih melibatkan mantan Staf Humas DPRD yang sekarang bertugas sebagai Kasi Ekonomi dan Pembangunan di Kelurahan Cipayung Jaya, yaitu Roih Soleh untuk menangani kegiatan tentang wartawan.

“Kalau saya slow respon bisa menghubungi pak Lubis atau pak Febi, bisa juga ke pak Roih. Sekarang mereka bantu tim media di Setwan. Kebetulan saat ini penanganan media butuh perbaikan,” kata Kania singkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *