Bupati Rokan Hulu : Keluarkan SK Penundaan Pilkades di Tiga Desa Hingga Tahun 2025

teks foto: Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Rohul H Fhatanalia Putra. (istimewa)

Halaman.co.id – Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu terpaksa menunda tiga desa dari 69 desa tersebar di 15 kecamatan yabg mengelar Pilkades serentak seharusnya dilakukan 8 Desember 2022 terpaksa ditunda hingga tahun 2025 atau setelah kegiatan Pemilu 2024 mendatang.

“Betul ada tiga desa yang tidak melaksanakan Pilkades serentak dari total 69 desa di 15 kecamatan, Kabupaten Rokan Hulu karena berbarengan atau bersamaan dengan kegiatan Pemilu 2024,” kata Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Rohul H Fhatanalia Putra, Senin (5/12).

Bacaan Lainnya

Penundaan Pilkades di tiga desa terkait adanya SK Bupati Rokan Hulu Nomor: Kpts.14.1.1/DPMPD-PEMDES/978/2022, tertanggal 29 November 2022 tentang Penetapan Penundaan Bagi Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak di Kabupaten Rohul Tahun 2022 seharusnya 69 desa mengelar Pilkades serentak menjadi 66 desa di 15 kecamatan.

Menurut dia, dengan adanya SK Bupati Rokan Hulu maka pelaksanaan di tiga desa akan dilaksanakan dalam Pilkades serentak tahun 2025 setelah selesai Pemilu 2024. “Hal itu sehubungan dengan adanya Surat Mendagri kepada kepala daerah agar tidak menggelar pilkades pada Tahun 2023 dan 2024 dikarenakan tahapan pemilu,” ujarnya.

Tertundanya Pilkades serentak tiga desa antara lain disebabkan di Desa Kasang Mungkal, hingga pelaksanaan tahapan penetapan bakal calon (balon) menjadi calon kepala desa hanya terdapat 1 (satu) balon kepala desa yang ditetapkan dan memenuhi persyaratan karena kurang dari dua pasangan calon Kades.

Untuk Desa Kepenuhan Hilir ditunda dengan pertimbangan panitia pilkades Kepenuhan Hilir hingga ditetapkannya Keputusan Bupati Rohul ini belum menetapkan balon kades menjadi calon kades sesuai jadwal yang telah ditentukan, sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Bupati Rokan Hulu Nomor: Kpts.141.1/DPMPDPEMDES/520/2022 tentang Tahapan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2022, sehingga perlu ditunda, tuturnya.

Sedangkan di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, adanya laporan keberatan dan dugaan ketidaknetralan panitia pilkades Sialang Jaya dalam pelaksanaan penetapan balon kades menjadi calon kades.

Dengan adanya penundaan Pilkades di tiga desa, imbuh dia, sesyau SK Bupati Rokan Hulu jika jabatan Kades lama berakhir maka Bupati Rokan Hulu akan mengangkat Pejabat (Pj) Kades dari PNS lingkup Pemkab Rokun Hulu. (anton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *