Ini Andil LAZ Zakat Sukses Dalam Program Zero Stunting di Kota Depok

Depok – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin memimpin Halaqah Nasional di Istana Wakil Presiden yang dibesut oleh Kemenag RI dengan Tema Pelibatan Penyuluh Agama, Dai dan Daiyah untuk Mendukung Percepatan Penurunan Stunting.

Hal ini menunjukkan bahwa negara sangat concern terhadap masalah stunting, dan bahkan mengajak seluruh unsur masyarakat untuk terlibat aktif menurunkan stunting. Bahkan KH Cholil Nafis menyampaikan tentang pandangan Islam mengatasi stunting.

Bacaan Lainnya

KH Cholil Nafis mengutip Kitab I’anatut Thalibin (karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatho Ad-Dimyati, Jilid IV, hal 100). “Diwajibkan kepada seorang ibu menyusukan anaknya (“alluba” colestrum), yaitu susu yang pertama-tama sesudah melahirkan, dan masa keluarnya antara 3 – 7 hari.”

Sebagai salah satu Lembaga yang secara nonstruktural berada di bawah Kementrian Agama RI, LAZ Zakat Sukses merasa terpanggil untuk turut berperan dalam upaya menurunkan stunting di kota Depok.

LAZ Zakat Sukses adalah Lembaga resmi yang ditunjuk oleh Kementrian Agama RI untuk mengelola zakat infaq dan sodaqoh di Kota Depok. Program yang dilaunching hari ini adalah RW Zero Stunting.

Program ini merupakan turunan dari pilar program Kesehatan dan Lingkungan yaitu salah satu dari lima pilar program LAZ Zakat Sukses.

Zakat Sukses memulai program itu bermitra dengan Kelurahan Mekarjaya, dengan cara mendistribusikan Paket Telur Berprotein Tinggi sebagai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita stunting di Kelurahan Mekarjaya.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan yang menyebabkan pertumbuhan tinggi badan tidak sesuai dengan usianya.

Berdasarkan data sebaran balita penderita stunting dari Bapedda tahun 2022, kurang lebih terdapat 12,3% anak penderita stunting di Kota Depok dan 10% di antaranya berada di wilayah Kecamatan Sukmajaya.

Sebagai salah satu bentuk dukungan dan kontribusi terhadap program D’Stunting Menara, LAZ Zakat Sukses sebagai salah satu lembaga zakat di Kota Depok turut ambil peran terhadap penanggulangan stunting di Kota Depok melalui program RW Zero Stunting.

“Program ini menyasar balita penderita stunting khususnya di Kelurahan Mekarjaya dan kami bekerjasama dan tentunya bekerjasama dengan PKK dan posyandu setempat,” kata Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, Kamis (6/10/2022).

Dukungan yang diberikan ini berupa pemberian makanan tambahan kepada anak balita penderita stunting setiap 2 minggu sekali.

“Dengan adanya program kerja sama ini diharapkan dapat menjadi salah satu kontribusi untuk mewujudkan target penanggulangan stunting di Kota Depok,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida bersyukur LAZ Zakat Sukses dapat berkontribusi untuk membantu program penurunan stunting di Kota Depok.

“Tentunya kita apresiasi dan ucapkan terimakasih atas partisipasi Zakat Sukses dalam program menuju zero stunting ini. Tak lupa untuk para kader PKK dan stakeholder terkait yang juga turut berkontribusi,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *