Jalur Wisata Tawangmangu akan Dipasang ETLE

Istimewa

Karanganyar – Pengendara motor yang hobi ugal-ugalan dengan knalpot brong di Tawangmangu tidak akan lagi bisa mengelak jika dikirimi surat tilang elektronik. Pasalnya, jalur wisata Tawangmangu akan dipasangi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Piranti ini mampu merekam pengendara yang kedapatan melanggar lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Yulianto menuturkan, ada delapan lokasi di sejumlah jalan Kabupaten Karanganyar yang akan dipasangi kamera ETLE. Salah satu di kawasan wisata Tawangmangu. Kamera lalu lintas dari Korlantas Polri tersebut terdiri atas kamera ETLE, kamera pemantau kecepatan (speed cam), dan kamera untuk menghitung jumlah kendaraan yang melintas.

Bacaan Lainnya

”Jadi nanti yang memasang juga Korlantas Polri. Ada kamera ETLE, kamera pantau, dan kamera untuk menghitung kendaraan,” ujar Yulianto mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo dilansir melalui laman resmi Kakorlantas Polri.

Yulianto menjelaskan, penempatan kamera lalu lintas tesebut juga ditentukan Korlantas Polri. Salah satunya jalur wisata Tawangmangu yang memiliki kepadatan lalu lintas tinggi pada waktu-waktu tertentu. Terlebih wilayah lereng Gunung Lawu ini berbatasan dengan Magetan, Jawa Timur.

”Kemungkinan di Cemara Kandang. Karena itu perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Tapi jenis kamera yang akan dipasang dan waktu pemasangannya kami belum tahu,” jelasnya.

Sementara itu, pihak Korlantas Polri bersama Satlantas Polres Karanganyar sudah melakukan survei di beberapa lokasi, kemarin.

”Soal pemasangannya, kemungkinan tahun ini,” tutup Yulianto.

Sejauh ini sudah ada beberapa titik yang dipasangi kamera ETLE. Seperti ETLE simpang empat Tasikmadu, speed cam di Colomadu dan jalan tol wilayah Karanganyar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.