Program Transfomasi Pohon di Bawah Jaringan SUTET Diharapkan Edukasi Warga Terhadap Penghijauan

Depok – Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan ( TJSL) PT PLN ( Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian, menyalurkan bantuan dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang tinggal dibawah jalur SUTET, untuk belajar menanam pohon produktif, salah satu program nya adalah Penghijauan.

Program Transformasi Pohon di Bawah Jaringan SUTET, memberikan penyadaran kepada masyarakat agar tidak menanam pohon tinggi dibawah jalur transmisi dikarenakan dapat mengganggu pasokan listrik yang dilalui Jaringan SUTET.

Bacaan Lainnya

Melalui PLN Peduli, Bantuan ini diberikan oleh PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat bekerjasama dgn Krukut Pecinta Alam ( Krupala ) disampaikan Imam Makhfud, Senior Manager Perencanaan PLN UIT JBB secara simbolis kepada Lurah Limo Danudi Amin, SE.

Nasrulloh, Ketua Krukut Pencipta Alam menyebutkan pohon yang berjumlah 600 bibit akan diberikan kepada masyarakat disekitar jalur transmisi SUTET 500 kV Depok – Gandul, “Support PLN untuk memperhatikan lingkungan inilah saya apresiasi, petani yang memanfaatkan lahan dibawah jalur dapat terbantu dengan pemberian bibit-bibit tanaman ini”.

“Berbagai jenis tanaman produktif seperti pohon jeruk limau, pohon anggur, pohon belimbing, tanaman toga, bibit kangkung, sawi dan berbagai jenis tanaman hias akan dikelola bersama karang taruna untuk memantau pertumbuhan tanaman-tanaman ini” ujar Nasrulloh.

Imam Makhfud, SRM Perencanaan yang mewakili Manajemen, dalam sambutannya menyampaikan bahwa

“Kegiatan transformasi pohon ini berupa penggantian pohon-pohon yang berbatang keras dan tinggi yang tumbuh di jalur SUTET digantikan dengan pohon-pohon yang tidak bisa tumbuh tinggi namun lebih produktif”. Sehingga kedepannya dengan adanya tanaman ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat, baik yang berada di sekitar instalasi PLN dan juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan tanaman yang dapat dijual atau dikonsumsi untuk ketahanan pangan

Lanjutnya “Selain itu dari sisi PLN juga akan terbantu karena Right Of Way (ROW) PLN akan lebih aman, terhindar dari gangguan disebabkan oleh pohon”, ujar Imam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.