Lebih Dari 1000 Santri Yanbu’ul Qur’an Menawan Ikut Rayakan HUT PCINU Turki

KUDUS – Tak kurang dari 1.000 santri MTS dan MA Yanbu’ul Qur’an Menawan, Kabupaten Kudus ikut merayakan peringatan 10 tahun lahirnya Pengurus Cabang Istimewa Nahdhatul Ulama (PCINU) Turki, Sabtu (28/5/2022).

Pembukaan acara 10 Tahun PCINU Turki dilakukan di Masjid Pondok Yanbu’ul Qur’an Menawan.

Sebagai informasi, PCINU Turki dibentuk di Istanbul pada Minggu (3/6/2012). Pada saat itu, H. Ahmad Faiz Irsyad Lc,MA terpilih sebagai Rais Syuriah sedangkan Ketua Tanfidziyah dijabat Labib Syauqi.

Selama sepuluh tahun terbentuk ada sejumlah program dan acara yang digelar oleh PCINU Turki. Salah satunya Konferensi Internasional yang digelar di Istanbul.

Usia 10 tahun PCINU Turki diperingati dengan acara temu alumni di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Menawan, Kudus.

Perwakilan Alumni NU Turki, Dr Yanuar Agung Anggoro mengapresiasi tuan rumah dalam hal ini Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Menawan yang telah memfasilitasi acara.

Sementara itu, di depan para santri, pimpinan pondok yang juga Alumni Selcuk University Turki, KH Dr Ahmad Faiz Irsyad menceritakan background alumni NU Turki yang berkuliah di kota dan jurusan beragam.

Dia pun meminta para santri yang akan melanjutkan kuliah di luar negeri untuk memilih komunitas atau teman yang tepat seperti PCINU.

“Salah satu tujuan pendirian PCINU Turki yakni untuk menyebarkan Islam yang ramah dan Islam rahmatan lil alamin,” ujar Faiz.

Para alumni NU Turki datang dari sejumlah kota seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan Yogyakarta.

Usai pembukaan, para peserta mengikuti sejumlah kegiatan seperti, ziarah ke makam Sunan Kudus, Ziarah Makam Mbah Arwani, Sowan Para Kiai dan sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.